Home / Berita Sekolah / WARUNG HIDUP DI SMA NEGERI 11 YOGYAKARTA

WARUNG HIDUP DI SMA NEGERI 11 YOGYAKARTA

SMA 11  Negeri 11 Yogyakarta letaknya berada di tengah kota Yogyakarta tepatnya di kecamatan Jetis, berada di utara Tugu Yogyakarta yang merupakan pusat kota Yogyakarta. SMA Negeri 11 Yogyakarta walaupun berada di tengah kota Yogyakarta tapi memiliki lahan yang lumayan luas. Ketika berada di dalam lingkungan SMA Negeri 11 Yogyakarta maka rasanya  seperti bukan berada di tengah kota Yogyakarta.

Suasana di  dalam Lingkungan SMA Negeri 11 Yogyakarta sangat nyaman, banyak tumbuhan perindang sehingga udaranya segar. Suasana juga nyaman karena di dalam lingkungan SMA Negeri 11 Yogyakarta hidup berbagai jenis burung antara lain; burung Gereja, burung Perkutut, burung Derkuku, burung Kutilang bahkan ada satu jenis burung migran dengan suara khas hutan.

Di ruang terbuka hijau sebelah selatan kantin juga dilaksanakan pertanian sederhana atau lebih dikenal dengan warung hidup.  Siswa diajari pembibitan tanaman warung hidup. Tanaman warung hidup yang ada di lingkungan sekolah antara lain; cabe, terong, tomat, kelor, kucai, bayam, kacang panjang,  kenikir, dan ada hidroponik kucai/sawi. Warung hidup di SMA  Negeri 11 Yogyakarta sangat produktif  dari  mulai pembibitan sampai pemetikan hasil.  Warung hidup yang paling aktif adalah sayuran Terong, Sayuran kacang-kacangan, sayuran daun kelor, sayuran kenikir dan hidroponik kucai.

Dari pembibitan sampai pemetikan hasil sayuran terong selama 3 bulan, Terong mulai berbuah , dan setiap seminggu sekali bisa dipetik buahnya yang kemudian dibeli oleh bapak ibu guru SMA 11 Yogyakarta. Pupuk yang digunakan untuk memupuk sayuran merupakan pupuk organik dari kotoran daun yang dikomposter dengan katalisator kotoran kambing basah .

FOTO FOTO

 

TIM Adiwiyata SMA 11 Yogyakarta