Penelitian Tindakan Kelas, oleh Agustin Susilowati, M.Pd

Bahasa Inggris di Indonesia dianggap sebagai bahasa asing pertama (the first foreign language). Kedudukan bahasa Inggris sebagai bahasa asing pertama di Indonesia berbeda dengan bahasa kedua atau ketiga yang digunakan oleh masyarakat penutur di Indonesia (Khairani (2011). Dalam sistem pendidikan di Indonesia, bahasa Inggris dimasukkan  dalam kurikulum untuk tingkat sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas, sekolah kejuruan dan universitas. Terdapat empat keterampilan bahasa Inggris yang mendasar yaitu mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis. Di antara keempat keterampilan tersebut, menulis dianggap paling sulit oleh sebagian besar orang. Kesulitan itu disebabkan tidak hanya dalam menggenerasikan dan mengorganisasi ide-ide, tetapi juga dalam menerjemahkan ide ke dalam teks yang dapat dibaca (Wahyuni, Sri, dkk,2008). Kesulitan untuk menulis ini juga dialami oleh siswa kelas XI IPA 2 Tahun Pelajaran 2021/2022 pada materi personal letter.

Berdasarkan hal tersebut, saya tergerak untuk melaksanakan penelitian tindakan kelas (PTK) untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa XI IPA 2 saat itu. PTK saya berjudul Penerapan Metode TTW (Think Talk Write) Berbantuan E-LKPD untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis dan Hasil Belajar Materi Surat Pribadi Peserta Didik Kelas XI IPA 2 di SMA Negeri 11 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2021/2022. PTK dilaksanakan dalam rentang waktu 3 bulan, yaitu dari bulan Januari sampai dengan bulan Maret 2022.  Perincian alokasi waktu pelaksanaan penelitian adalah bulan Januari 2022 merupakan tahap penyusunan proposal dan instrumen penelitian, bulan Februari 2022 dan Maret merupakan tahap pengambilan data (semester genap tahun pelajaran 2021/2022), dan penyusunan laporan hasil penelitian. Tahapan pengambilan data dalam kegiatan pembelajaran dilaksanakan dalam 4 kali tatap muka (8 JPL).

Hasil tindakan dalam penelitian menunjukkan semua indikator keterampilan menulis surat pribadi dan nilai rerata hasil belajar peserta didik meningkat di siklus 2. Dari kedua hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode yang dipilih dan bahan ajar yang digunakan dalm pembelajaran berhasil mencapai tujuan penelitian yang telah ditetapkan.

 

Agustin Susilowati, M.Pd

Bagikan Artikel Ini: