Lingkungan Sekolah

Lingkungan Sekolah

Lingkungan sekolah adalah semua benda hidup maupun benda mati yang terdapat di sekolah. Lingkungan sekolah dapat menunjang pengembangan potensi belajar. Lingkungan di SMA N 11 Yogyakarta meliputi lingkungan fisik meliputi saran  dan prasarana, sedangkan lingkungan sosial berkaitan dengan hubungan sosial antarwarga sekolah.

Lingkungan fisik sekolah SMA N 11 Yogyakarta memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Fasilitas tersebut antara lain, laboratorium biologi, laboratorium fisika, laboratorium kimia, aula Boedi Oetomo dll. Bahkan, laboratorium biologi di SMA N 11 Yogyakarta sudah memiliki standar nasional. Setiap kelas sudah tersedia papan tulis berjenis glass board, sehingga tinta spidol mudah dihapus.

Lingkungan fisik di SMA N 11 Yogyakarta terdapat gedung olahraga (sasana krida) yang sangat besar dengan fasilitas pendukung yang lengkap. Contoh fasilitas pendukung yaitu gawang futsal, net badminton, dan ring basket. Lantai terbuat dari bahan semi karet, yang jarang ditemukan di sekolah lain.

Lingkungan sekolah yang memadai untuk belajar tetapi memiliki kekurangan dalam mengelola sampah. Masih banyak sampah yang berserakan di depan kelas. Menurut kami faktor terjadinya banyak sampah berserakan karena minimnya tempat sampah yang tersedia. Permasalahan sampah juga terjadi di dalam kelas. Masih terdapat siswa yang membuang sampah di laci meja.

SMA N 11 Yogyakarta memang memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Akan tetapi, ada beberapa kelas yang fasilitasnya terganggu(rusak), contohnya terdapat LCD maupun kipas angin yang rusak. Bahkan ada beberapa kelas yang tidak memiliki jam dinding, sapu, serok, serta kemoceng. Padahal alat-alat tersebut digunakan untuk piket kelas, sehingga siswa harus membeli.

Permasalahan tersebut dapat diantisipasi dengan pengecekan alat, setidaknya 1 bulan sekali. Sedangkan untuk mengatasi sampah, di setiap kelas disediakan tempat sampah yang ukurannya besar. Selain itu, setiap kelas diwajibkan untuk melaksanakan piket. Kesadaran siswa untuk membuang sampah sangat penting, agar kebersihan sekolah terjaga.

 

Penulis:

Berdine Noor S (X IPA2)

Fitri Mutmainah (X IPA2)

Latifa Malya T (X IPA2)

Nathaniela Bening (X IPA2)

Bagikan Artikel Ini:

Profil SMA N 11 Yogyakarta

Artikel Terbaru