Home / Majalah Galaxy / Kurangnya Kepedulian Terhadap Lingkungan

Kurangnya Kepedulian Terhadap Lingkungan

Kurangnya Kepedulian Terhadap Lingkungan

                    Seringkali kita sering melihat lingkungan sekitar kita yang berserakan karena sampah, sehingga lingkungan tersebut menjadi kumuh. Penyebab kumuhnya lingkungan tersebut bisa karena sampah yang dibuang sembarangan, sikap acuh tak acuh masyarakat terhadap lingkungan yang ditinggalinya. Masyarakat harus peduli terhadap sampah, tidak hanya memilah sampah tetapi juga mengurangi penggunaan plastik.

Salah satu penyebab utama yang menyebabkan masalah kebersihan lingkungan adalah kurangnya kepedulian warga sekolah terhadap lingkungannya. Padahal sudah seharusnya warga sekolah menyadari dan peduli terhadap lingkungan di sekitarnya, karena keadaan lingkungan tersebut juga memengaruhi kualitas kehidupan masyarakat. Tempat yang kotor akan menjadi sarang bagi lalat dan nyamuk yang membawa berbagai penyakit. Penyakit seperti DBD, malaria, muntaber, dan diare dapat ditanggulangi dengan hidup bersih.

Kita sering melimpahkan tugasnya ke orang lain atau tukang sampah dalam hal membuang sampah. Tindakan yang demikian itu tidak mencerminkan peduli lingkungan. Kewajiban menjaga kebersihan lingkungan disekitarnya bukan hanya tugas dari tukang sampah, tugas menjaga kebersihan adalah tugas bersama.

Sampah bukan musibah bila mampu dikelola dengan baik, berbagai program pengurangan sampah seperti reused, reduce, dan recycle adalah salah satu contohnya. Program tersebut memerlukan kesadaran dari semua aspek warga sekolah. Terwujudnya sekolah adiwiyata yang bebas sampah merupakan salah satu kunci hidup sehat di sekolah.

Upaya dalam mengurangi sampah tidak akan terlaksana dan terwujud dengan baik jika tidak didukung oleh kesadaran warga sekolah. Warga sekolah harus berpartisipasi untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat. Mulailah dari diri sendiri untuk membuang sampah pada tempatnya, contohnya jika melihat sampah, buanglah sampah tersebut pada tempatnya. Bentuk kesadaran tersebut juga harus didukung oleh manajemen sekolah yang baik, seperti program pilah sampah yang baru dirintis di sekolah.

 

Nama :Mellia Wahyuningrum

Kelas : X IPA 1

No : 20