Budidaya lebah klanceng

Budidaya lebah klanceng merupakan program yang dirintis oleh mahasiswa UGM yang sedang KKN di SMA N 11 Yogyakarta. Mereka membuat program dengan tema budidaya lebah klanceng, dan diterapkan di SMA N 11 Yogyakarta. Bimbingan program ini dimulai pada tanggal 27 Juni 2022. Kami di ajarkan mengenal lebih dalam  lebah klanceng, sumber makanannya, cara budidayanya, cara memanen madunya, cara membuat rumah lebahnya dan cara menanam tanaman pangannya. Lebah klanceng ini merupakan lebah madu yang tidak menyengat dan berukuran lebih kecil dari lebah madu pada umumnya. Hal itu membuat lebah klanceng banyak dibudidayakan oleh orang-orang. Selanjutnya, kami membuat 20 rumah lebah klanceng yang di taruh di green house dan sekitar aula.

Panen pertama dilaksanakan pada tanggal 27 Agustus 2022. Pada panen pertama itu, kami mendapatkan 3 botol 100 mililiter madu. Kemudian kami menjualnya dengan harga Rp 100.000 tiap botol. Madu hasil panen kemudian dijual kepada guru dan warga sekolah yang membutuhkan.  Setiap minggu kami mengontrol rumah lebah dan membuat dokumentasi.

Panen kedua dilaksanakan pada tanggal 8 Oktober 2022. Pada panen kedua ini, kami mendapatkan 2 botol. Kedua botol tersebut kami sukses menjualnya.(Hazim Mumtaz/XI IPS 2,Roykhan Azwar/XI IPS 2)

 

Bagikan Artikel Ini:

Profil SMA N 11 Yogyakarta

Artikel Terbaru