Home / Majalah Galaxy / Tempat Sampah

Tempat Sampah

Observasi//Rafida Naura Wardah/x ipa 2/24

 

Tempat Sampah

Tempat sampah adalah benda yang sering kita temui di lingkungan sekitar kita. Tempat sampah sendiri ada  berbagai bentuk  dan warna.  Biasanya tempat sampah dibagi menjadi 3 golongan yaitu, tempat sampah organik, anorganik dan berbahaya. Namun  ada  juga tempat sampah yang  dicampur semuanya. Tempat sampah tersebut tersebar diberbagai tempat strategis di sekitar lingkungan sekolah.

Sampah merupakan material sisa yang dibuang sebagai hasil dari proses produksi, baik itu industri maupun rumah  tangga. Tempat sampah dibagi menjadi 3 golongan, yaitu tempat sampah organik, anorganik, dan berbahaya. Tempat sampah berfungsi sebagai tempat menampung sampah sementara.

Di sekolah tercinta ini, terdapat berbagai bentuk tempat sampah, salah satunya tempat sampah yang berwarna-warni. Tempat sampah organik atau tempat sampah warna hijau, biasanya berisi bahan bahan organik.  Bahan organik  adalah bahan yang berasal dari sisa tumbuhan, hewan, dan manusia baik yang telah mengalami dekomposisi lanjut maupun yang sedang mengalami proses dekomposisi. Contoh  bahan bahan organik  yaitu kertas, dedaunan, ranting, koran, pensil, sisa-sisa makanan dan sebagainya.

Tempat sampah anorganik atau tempat sampah warna kuning, biasanya berisi sampah anorganik. Sampah anorganik adalah sampah yang dihasilkan dari bahan-bahan non hayati baik berupa produk  sintetik maupun hasil proses teknologi pengelolaan bahan tambang atau  sumber daya alam  dan tidak dapat diuraikan  oleh alam.  Contoh  bahan anorganik yaitu botol plastik, tas plastik, dan kaleng. Bahan bahan tersebut sangat lama bahkan tidak bisa terurai oleh tanah. Waktu penguraian bahan tersebut bisa sampai ratusan tahun.

Tempat sampah bahan berbahaya atau tempat sampah warna merah, biasanya berisi sampah B3 (Barang Berbahaya dan Beracun). Misalnya pecahan kaca, bahan bahan kimia, bekas suntikan, dan sebagainya. Barang-barang tersebut memang harus dipisahkan agar  tidak membuat penyakit. Kadang  barang barang tertentu memang harus dihancurkan dahulu  sebelum dibuang, agar tidak disalahgunakan oleh orang lain.

Tempat sampah sangat bermanfaat bagi kehidupan kita. Tempat sampah dibutuhkan agar  sampah yang kita buang tidak berceceran di mana-mana. Tapi sekarang ini banyak  orang  yang tidak mau membuang sampah pada tempatnya. Mereka  memilih membuang sampah disembarang tempat, yang membuat tempat tersebut menjadi kotor dan berpenyakit. Seperti kebiasaan membuang sampah di laci kelas.

Disiplin dalam buang sampah pada tempatnya memang harus diajarkan sejak dini, agar anak terbiasa menjaga kebersihan lingkungan. Usahakan membuang sampah sesuai dengan golongan sampah. Hal tersebut agar memudahkan dalam memilah sampah. Kepedulian kita dalam mengelola sampah merupakan mencerminkan masyarakat hidup yang sehat.