Home / Ekstra Kurikuler / Karawitan

Karawitan

Nespaloka Langen Budaya

Nespaloka Langen Budaya merupakan ekstrakulikuler di SMA Negeri 11 Yogyakarta yang berorientasi di bidang musik tradisional khususnya karawitan. Ekstrakulikuler ini dilaksanakan pada hari Rabu setelah kegiatan belajar mengajar usai dengan pelatih Pak Bayu Ariwibowo. Nespaloka memiliki arti SMA Negeri 11 dan Langen Budaya berarti melestarikan budaya, nama tersebut memiliki harapan supaya SMA Negeri 11 tetap melestarikan budaya Jawa khususnya dalam musik karawitan.

Nespaloka Langen Budaya memiliki tujuan yaitu mengenalkan, melestarikan serta mengembangkan bakat serta minat para siswa sehingga musik tradisional tetap terjaga ditengah perkembangan zaman.

Selain menjaga kelestarian musik gamelan, Nespaloka Langen Budaya juga menyelenggarakan Lomba Karawitan Nespaloka Langen Budaya yang dilaksanakan sebagai agenda tahunan dan terlaksana sejak tahun 2014, lomba tersebut di tujukan kepada siswa-siswa SD SMP se-DIY dan bertempat di Aula Boedi Oetomo.

Prestasi yang sudah diraih oleh Tim Karawitan Nespaloka Langen Budaya yaitu meraih juara 1 dalam Art and Culture Day yang diadakan oleh SMA Negeri 9 Yogyakarta, Juara 1 FLS2N selama 2 tahun berturut-turut, Juara 3 dalam rangka Festival Budaya Jawa yang diadakan oleh Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta.

Saat mengikuti Festival Budaya Jawa

 

Kegiatan Lomba Karawitan Nespaloka Langen Budaya Ke-3