Home / OSIS / EKARISTI KAUM MUDA SMA NEGERI 11 YOGYAKARTA

EKARISTI KAUM MUDA SMA NEGERI 11 YOGYAKARTA

Dalam rangka menyambut lustrum VI SMAN 11 Yogyakarta, siswa-siswi yang tergabung pada kerohanian Katolik (Caventa) dibawah bimbingan guru agama Katolik Ibu Ana Suprihatin mengadakan Ekaristi Kaum Muda (EKM) pada hari minggu, 11 Agustus 2019 jam 18.00 di Gereja Fransiskus Xaverius Kidulloji Yogyakarta. EKM kali ini berthemakan Rejoice To Serve Others dan dipersembahkan oleh Romo Bernardus Agus Rukiyanto,SJ dari Paroki Kotabaru Yogyakarta.

Dalam homilinya Romo Agus sangat mengapresiasi dengan thema yang diberikan para siswa yakni bergembira didalam melayani orang lain (rejoice to serve others) adalah suatu cita-cita yang sungguh mulia bagi kaum muda ditengah keprihatinan zaman ini. Pada hari yang sama gereja juga memperingati Hari Raya Santa Maria diangkat ke surga. Dengan demikian ada korelasi yang erat antara thema yang disajikan dan peristiwa Santa Maria diangkat ke surga yakni kepedulian Bunda Maria pada sesama dengan kerendahan hati dan kesetiaannya pada Tuhan. Oleh karena itu Romo Agus berharap teladan Bunda Maria selalu menjadi bagian dalam peziarahan iman kaum muda yaitu kesetiaan dan kerendahan hati.

EKM kali ini dihadiri sekitar 350 umat dan berjalan dengan khidmat dan meriah. Sebagai petugas liturgi adalah anak-anak Caventa dengan paduan suaranya dibantu oleh bapak-ibu prodiakon paroki Fransiscus Xaverius Kidulloji Yogyakarta serta didukung penuh oleh OSIS SMAN 11 Yogyakarta.
Pada penghujung perayaan Ekaristi Kaum Muda Romo Agus memberikan kesempatan kepada perwakilan SMAN 11 Yogyakarta untuk memberikan sambutan yang diwakili Bapak Drs. Harjendro ESJ, M.Pd. Dalam sambutannya Bapak Harjendro atas nama lembaga dan pribadi mengucapkan terimakasih kepada Romo Paroki Fransiskus Xaverius Kidul Loji , Romo Agus dan seluruh petugas liturgi serta seluruh umat yang hadir atas segala kebersamaan dan kehadirannya. Disebutkannya bahwa SMAN 11 Yogyakarta adalah salah satu sekolah di DIY yang berwawasan kebangsaan dan sangat peduli terhadap perkembangan karakter siswa tanpa melupakan kemajuan akademiknya. Demikian pula dalam sambutannya ketua panitia Andreas Rony Suyoto juga mengucapkan terimakasih pada Romo Agus, para petugas liturgi dan seluruh panitia sehingga EKM dapat berjalan dengan lancar dan sukses serta permohonan maaf atas segala kekurangannya.

Diakhir perayaan Ekaristi setelah menerima berkat dari Romo, para siswa menyanyikan Mars SMA Negeri Yogyakarta dengan semangat dan penuh suka cita. Dirgahayu Diptya Aji Paramita….